Gunung Guntur, si kecil yang Penuh Pesona.



Bicara soal garut, memang ga bisa di pisahkan dari dodol dan dombanya. Tapi pesona garut terbatas sampai di situ, selain memiliki keaneka ragaman kuliner dan budaya, Garut juga memiliki kawasan yang sangat indah dan area pegunungan yang menjulang tinggi nan memukau. Jadi ga berlebihan kalau garut di sebut swiss van java J

Nah, buat temen-temen yang pernah ngelewatin terminal guntur, pasti ngeliat gunung yang menjulang tinggi di seputaran terminal guntur. Yaaap, apalagi kalau bukan gunung guntur. Untuk temen-temen yang dari jakarta ataupun sekitarnya, jika ingin mendaki ke gunung ini aksesnya cukup mudah, yakni cukup menaiki bus jurusan garut, dan bilang ingin turun di pom bensin gunung guntur, lalu dari sana bisa sewa angkot atau naik ojek dari sana. Tarif nya cukup beragam, tergantung cara kita menawarnya, rata-rata untuk angkot/kendaraan roda 4 cukup membayar 20-30rb/orang, dan biasanya sampai base camp ibu Tati (base camp terakhir sebelum pendakian).

Puncak 1

Gunung yang memiliki ketinggian 2249 mdpl ini memang tidak terlihat begitu tinggi, namun memiliki jalur yang lumayan berat, terjal dan sangat menantang. Saya sudah 2 kali ke gunung ini, pada bulan oktober dan awal maret. Naah, saran saya kalau mau ke gunung ini, di sarankan pada bulan akhir februari sampai bulan mei karena pada akhir februari savana nya hijauuu banget, mirip merbabu kalau di lihat sekilas, dan pada sekitaran bulan mei, alang-alang merahnya sedang mekar, jadi mirip oro oro ombo di semeru.

savana gunung guntur

engap. haha

lagi cerah banget cuacanya

Terdapat 3 pos pada gunung ini, yang berjarak tidak terlalu jauh. Di butuhkan 3 jam untuk sampai di pos 3 dari base camp ibu Tati. Dan pos 3 ini juga menjadi camp area, saran saya lebih baik mendirikan di camp 3 ketimbang di puncak 1 atau 2, karena di samping track menuju puncak 1 yang berat banget, di khawatirkan juga terjadi badai di puncak 1 sampai puncak 3. Dan berita baiknya di pos 3 terdapat sumber air bersih dan  kita juga bisa berenang di sana, jadi Pas banget kaan lagi gerah abis summit, trus mandi di sungaaiiii. Asoooy deh di jamin.

Dan jangan lupa yaa kalau abis masak makanan langsung di beresin atau di simpen di dalem tenda karena di gunung ini masih banyak babi hutannya yang bisa segede kambing. Hahaha, biasanya babi hutan dateng ke tenda buat makan makanan sisa yang tercecer di sekitaran tenda kita.

Meski gunungnya terbilang tidak terlalu tinggi jika dibanding dengan gunung lain di garut, tapi jangan salah, track gunung guntur salah satu yang terberat di garut dan cukup ekstrim.

ga ada bonusnyaaaa. haha

tanjakan pasir yang bikin kaki gemeter. hehe

Di gunung ini juga terlihat jelas gunung cikuray dan papandayan. Di samping itu juga gunung gede pangrango terlihat dari kejauhan jika cuaca sedang cerah.

cikuray & papandayan

Karena pendakian pada awal maret 2016 kemarin pada sabtunya hampir hujan seharian, jadi pas minggu pagi cuaca sangat cerah. Situ bagendit terlihat jelas dari kejauhan, dan cikuray yang gagah dan menggoda juga bisa terlihat dari sini. Mirip-mirip merapi yaaa. Hehe


Sunrise di gunung ini juga ga kalah indah dengan gunung-gunung lain di Indonesia, pas banget kemarin cuacanya sedang cerah, jadi viewnya terlihat jelas di sini.

situ bagendit terlihat di belakang


sunrise menuju puncak 2

puncak 3

Gunung ini memiliki 5 puncak, namun titik GPS nya di hitung di puncak 2 yakni 2249 mdpl. Dan semakin keatas, semakin indah view nyaaa. Pada pendakian pertama ke gunung ini, saya hanya mencapai puncak 2, karena takut turun kesorean dan kehabisan bus menuju lebak bulus. Dan pada pendakian ke dua hanya sampai puncak 3. Hmmmm, semoga yang ketiga kalinya bisa sampai ke puncak 5, ayoo yang mau mendaki bareng ke siniiiii. Hehe

puncak 3
Malam hari di sini juga di jamin indah banget, disamping view lampu kota garut yang dijamin memanjakan mata, bintangnya juga yahuuut banget di sini.

kota garut dari puncak 1 guntur

bang zoe sedang beraksi. haha

hotel 1000 bintang :)

Pokoknya mendaki ke gunung guntur bikin nagih, ga cukup sekali atau 2 kali. Thankyou buat temen-temen dari Saoet Adventure buat trip barengnya ke gunung Guntur. See you next trip & enjoy the mountain J

1 komentar: